28.12.12

Tradisi Melegenda Nyaris Hilang



KEDIRI- Brantas merupakan sungai yang mempunyai banyak kebudayaan dan tradisi yang mencerminkan bahwa Sungai Brantas menyebar luas hingga manca negara. Misalnya adalah munculnya cerita Panji yang diambil dari kisah Panji Asmorobangun. Kisah kebudayaan masyarakat sekitar Brantas tersebut sudah melegenda dan telah mendunia.

Panji Asmorobangun alias Raden Inu Kertapati mempunyai istri bernama Galuh Candrakirana berhasil menjadi pusat perhatian warga masyarakat Indonesia hingga Mancanegara. Bahkan di Jerman cerita Panji Asmorobangun dan Galuh Candrakirana menjadi sebuah penelitian.

Namun, seiring berkembangnya jaman dan semakin majunya teknologi, cerita Panji nyaris hilang. Tumbuhnya generasi muda baru bahkan tidak mengenal tradisi dan kebudayaan Sungai Brantas. Mereka lebih mengikuti trend masa kini.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka munculah event pemilihan Panji dan Galuh. Diadakannya pemilihan Panji dan Galuh ini guna mengangkat kembali cerita Panji Asmorobangun dan Galuh Candrakirana yang hampir tenggelam. 

Acara ini biasanya dilakukan di kota-kota besar, sekolah-sekolah bahkan hingga pedesaan. Pemilihan tersebut ditujukan agar yang terpilih bisa menjadi panutan dan memberikan contoh perilaku positif kepada masyarakat luar seperti halnya cerita Panji dan Galuh yang sebenarnya. Dan patutlah jika Ekspedisi Brantas terus dipertahankan. Hal ini bisa dijadikan bentuk kepedulian terhadap sungai yang terpanjang di Jawa Timur ini. 

sumber :Buku Laporan Ekspedisi Brantas 1

0 komentar:

Poskan Komentar